Apa Manfaat Ngeblog Bagi Anda?


Blog adalah tempat mengikat setiap pengalaman bermakna yang saya alami sehari-hari.
Tiba Jakarta
Hari jumaat yang lalu, pesawat yang saya tumpangi dari Surabaya mendarat jam 17.00 wib di Bandara international soekarno Hatta. Setelah pesawat benar-benar berhenti dan pintu depan belakang terbuka. Saya turun langsung menuju keluar ke shelter Damri. 
Alhamdulillah tanpa menunggu lama. Pas saya tiba di sana, saya memperhatikan ada bis Damri yang menuju pasar minggu. Sambil berlari kecil saya melampaikan tangan ke kondektur. Sang kondektur membukakan pintu depan. Lalu saya naik memilih tempat duduk.
Bisnya belum terlalu penuh. Sehingga saya bisa memilih kursi favorit. Yaitu duduk sebelah kiri atau kanan. Agar bisa menyenderkan kepala ke kaca jendela. Tidur pun lumayan enak di bandingkan sisi satu lagi.
Bis Damri yang saya tumpangi menempuh perjalanan lewat tol Gatot subroto. Keluarnya puteran Tugu Pancoran. Saat mobil bertenaga kuda itu melintasi puteran Pancoran. Saya melihat di sana ada baliho besar, iklan sebuah bank. Bintang iklannya si penulis buku Kambing Jantan. Raditya Dika.
Berkat acara terbaru Metro TV Stand Up Comedy setiap jam 22.30 malam. Pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984. Semakin melambung ketenarannya. 
I am Blogger, What About You?
Ada hal menarik bagi saya membaca iklan di baliho itu. Saya yakin, Anda tentu mengenal siapa Dika Angkasaputra Moerwani atau yang biasa kita kenal dengan Raditya Dika. Dan saya bisa menebak, mendengar kata Radith, maka novelis jenaka dan comed yang tergambarkan dalam pikiran Anda. Iyakan?
Tapi lain halnya pada baliho produk bank—teman saya menyebut bank tersebut, Bank Capek Antri—di sana tercantum, Raditya Dika, Blogger.
Hemmm, kata blogger itulah menggoda saya. Sangking tergodanya, pikiran saya menerawang kemana-mana. Gambar blog-blog yang sering saya baca pun bergentayangan di benak saya. Apalagi ada istilah kumpul blogger. Saya penasaran, bagaimana cara menjadi bagian dari komunitas ini? Karena saya juga suka ngeblog.
Terapi Menulis
Berbicara tentang blog. Kalau kita menelaah dari sisi manfaat, maka puluhan ribu kata bisa tersusun untuk menjelaskannya. Entah itu dari sisi bisnis, karir, pengembangan diri, bahkan self-healing. Penyembuhan diri.
Banyak sekali catatan singkat tentang pengakuan dan endorsement blogger. Betapa berkat ngeblog, persoalan emosi mereka hilang. Seperti stress, sedih, marah, sakit hati, merasa diperlakukan tidak adil, menanti harapan, dan kasus-kasus lainnya.
Sebut saja misalnya Keka (nama samaran). Dia bercerita, berkat menulis di blog, dia berhasil melepaskan kemarahan yang ada dalam dirinya. Kemarahan ini akibat perlakuan kurang menyenangkan dari orang tuanya. Dia bertutur, bahwa ayahnya ringan tangan. 
Ringan tangan yang saya maksud di sini bukan memberi bila ada orang membutuhkan pertolongan. Bukan juga ahli sedekah seperti kampanye ustaz Yusuf Mansur. Akan tetapi, ringan mengayunkan tangan ke wajahnya. Namun berkat ngeblog, kemarahan itu lepas perlahan-lahan.
Fungsi Blog Bagi Saya
Demikian pula bagi saya sendiri. Blog adalah tempat mengikat setiap pengalaman bermakna yang saya alami sehari-hari. Baik itu pengalaman sendiri atau orang lain. Terkadang, peristiwa bermakna lewat buku yang saya baca atau film yang saksikan. Saya mengikat pengalaman itu dalam blog ini.
Saya memulai aktifitas ini semenjak tahun 2006. Meski pun jarang mengupdate, tidak seaktif inspirator mulia, www.jamilazzaini.com. Beliau selalu mengupdate rumah mayanya itu. Setiap hari, jam 08.00 pagi telah terpublikasi catatan bermaknanya. Sementara saya berusaha seminggu sekali ada cerita baru saya ikat. 
Kembali ke cerita perjalanan pulang dengan Damri. Bis ini berakhir perjalanannya di terminal pasar minggu. Dari pasar minggu saya lanjut naik angkot dan tiba di rumah kembali pukul 20.00, berkumpul bersama keluarga.
Ciganjur, 19 November 2012 | @mind_therapist | 270FE9B7
————————————————————————————-
Dapatkan e-book Detik-Detik Tsunami; Menuai Hikmah Di balik Tsunami, Free klik https://www.box.com/s/e8xqu4nwyzwp5yuc4r0a
Leave a Reply

